Melihat judul artikel yang ditulis di atas sepertinya hampir
tidak mungkin. Apalagi di beberapa
kalangan pebisnis meyakini bahwa produk yang laris adalah yang harganya lebih
murah. Padahal tidak selamanya
demikian. Coba saja cek di web jualan
online besar seperti Bukalapak atau Tokopedia.
Produk yang sama dijual dengan harga berbeda-beda. Lihat penjualanya! Tidak semua yang menjual
dengan lebih mahal sepi pembeli. Ada
yang tetap diminati. Mungkin karena
kerapian kemasan, kecepatan pengiriman, pemilik toko yang ramah, dan
sebagainya.
Handsock atau Lovesock Indblack termasuk mahal. Dibandingkan produk sejenis, mencapai 5
sampai lebih dari 10 kali lipat.
Meskipun ada penjelasan mengapa produk Indblack mahal, namun konsumen
pasti akan melihat harganya terlebih dahulu. Terkait hal tersebut, Indblack membuktikan bahwa harga yang mahal dapat
tetap laris dan sold out. Setiap
produksi Indblack langsung laris manis. Mau
tahu rahasianya mengapa Indblack selalu sold put? Ini dia beberapa tips dari founder Indblack, Teh Indari Mastuti.
1. Edukasi Produk
Penjual harus selalu berani mengedukasi konsumen tentang
produknya. Selalu disiarkan melalui berbagai
media apa kelebihan produknya dibandingkan produk sejenis secara lengkap. Jika produk mahal, maka penjual harus memberi
tahu kenapa produk mahal. Sepeti juga
Indblack misalnya, banyak orang yang membeli terkait dengan beberapa persen
hasil penjualan yang didonasikan kepada perempuan-perempuan Indonesia yang
membutuhkan.
2. Kelebihan Produk
Pertajam kelebihan produk dan produsen atau reseller
dibandingkan yang lain. Kelebihan produk
Indblack disamping bahannya yang nyaman dan desainnya yang ekslusif adalah
kemasan yang bagus. Jika produk lain
hanya bermodalkan plastik, maka Indblack mempunya kardus yang rapi dan indah. Ada juga kemasan dalam botol yang unik. Pelayanan dari jaringan amrketingnya juga sangat bagus dan fast respons.
3. Jaringan Marketing
Sebuah produk akan lebih cepat dengan jaringan marketing
yang sangat bagus. Dari distributor,
agen, resleller semuanya mempunya SOP yang jelas. Dengan adanya jaringan marketing semakin
banyak orang yang menjual dan semakin banyak yang membeli.
4. Promosi
Promosi bagian dari berdagang atau berbisnis. Melalui promosi produsen akan sekaligus
memprkenalkan produk dan edukasi. Tidak selalu dengan iklan. Dalam
bidang fashion, yang promosi yang paling baik adalah dengan memakainya
sendiri. Hampir tidak mungkin berhasil
jika seorang reseller tidak menyukai barang yang dijualnya sehingga tidak
pernah punya dan memakainya.
Termasuk promosi selanjutnya adalah iklan. Iklan di sosial media saat ini masih
merupakan sarana paling efektif. Teh Iin
menyukai beriklan dengan hati atau heart selling atau yang beliau sebut sebagai
iklan baper. Di bawah ini ada contoh
iklan baper dari wall facebook.
Rejeki sudah ada yang menentukan. Namun tidak akan datang sendiri tanpa kita
berusaha. Yuk berbisnis meniru cara
Indblack. Atau jika ingin turut serta
berbinsis Indblack, intip saja web Indblack.yukbisnis.com. Salam sukses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar